Kamis, 02 Oktober 2014

Hydraulic System CRJ-1000

1. GENERAL

Pesawat Bombardier CRJ-1000 ini menggunakan 3 sistem utama, yaitu sistem no.1 no. 2 dan no.3. masing-masing sistem hydraulic di lengkapi oleh pompa (pump). tekanan yang dihasilkan oleh tiap-tiap pompa (pump) adalah sebesar 3,000 psi atau setara dengan 20,685 kPa. sistem no. 1 dan no. 2 di pompa oleh EDP ( Engine Driven Pump ) dan sebuah ACMP ( Alternating Current Motor Pump ). jadi 1A menggunakan EDP yang terpasang di Engine 1, dan 1 B menggunakan ACMP. dan sama seperti sistem no 2.

Masing-masing EDP secara terus menerus beroperasi jika Engine beroperasi/Running. karena EDP ini behubungan dengan Engine yang terpasang di Accessories Gear Box. dan dalam normal cruise ACMP dalam posisi mati/off . Bagaimanapun akan otomatis beroperasi dalam kondisi dimana tekanan tinggi di perlukan, seperti takeoff dan landing.

Hydraulic sistem no.3 menghasilkan tekanan dari ACMP (3A) sedangkan yang (3B) akan beroperasi jika tekanan tinggi di perlukan,  dalam situasi seluruh electrical di pesawat mati, ACMP 3B akan beroperasi dari tenaga electrical yang dihasilkan oleh ADG (Air Driven Generator ). ADG adalah sebuah generator yang menghasilkan energi listrik, yang diputar oleh udara pada saat terbang, ADG ini akan beroperasi jika saat darurat, yaitu seluruh electrical di pesawat mati. dan utuk lebih jelasnya peran masing-masing silahkan lihat gambar di bawah ini.


2. CONTROL PANEL

Hydraulic Control Panel berada di dalam Flight Compartment di bagian atas. tiga posisi switch (ON/OFF/AUTO) untuk bagian ACMP 1B, 2B dan 3B. dan dua posisi posisi switch (ON/OFF) untuk ACMP 3A. dan tidak ada control untuk EDP.
Dua switch yang di beri pelindung (Guarded switch) di pasang untuk HYDRAULIC shutoff valve (SOV). jika pelindung ini di buka dan switch di tekan maka hydraulic dari EDP akan terhenti tanpa kita harus mematikan engine. karena EDP ini bergerak oleh engine.
Kemudian pada galeshield ada fire push panel, ini beroperasi secara paralel untuk mengontrol operasional dari hydraulic SOV. switch ini jika di posisi armed juga akan mematikan engine.

3. INDICATION

Untuk indikasi di cokpit dapat di lihat di EICAS (Engine Indicating Crew and Alert System) pada bagian hydraulic page. disana di tampilkan 3 system hydraulic dan memberikan informasi tentang tekanan hydraulic, jumlah hydraulic di masing-masing reservoir, suhu hydraulic di reservoir, status pengoperasian pompa (Hydraulic Pump), status hydraulic SOV,status penggunaan power hydraulic dan tekanan rem (Brake) system 2 dan 3, karena pada system 2 dan 3 yang dilengkapi dengan aacumulator.









4. PUMP

A. EDP (ENGINE DRIVEN PUMP)

EDP yang terpasang di pesawat CRJ-1000 adalah tipe single-stage variable delivery. yang menghasilkan tekanan 3000 psi saat engine beroperasi. dan EDP ini terpasang di Acessories Gear Box.
tekanan dihasilkan dari putaran cylinder block dan piston assembly.




B. ACMP (Alternating Current Motor Pump)

ACMP yang terpasang di CRJ-1000 terpasang di sebelah kiri dan kanan equipment bay (untuk sistem 1 dan 2) sedangkan sistem 3 terpasang di fuselage bagian bawah. pump sendiri berjenis axial piston type unit, yang mana digerakan oleh electrical power yaitu 115 VAC.






jadi itu penjelasan sesingkat mungkin tentang sistem hydraulic di pesawat, semoga bisa menambah wawasan kita tentang sistem pesawat, semoga bermanfaat, jangan lupa tinngalin comment ya :)

3 komentar:

  1. Keren2 sngat brmanfaat dan sebagai gmbran sangat bagus

    BalasHapus
  2. Masnya dlu krja dmna mas??
    Boleh minta kontak nya gk mas?
    Ki minat belajar lbih dalam lgii

    BalasHapus