Kamis, 16 Oktober 2014

OIL SYSTEM PESAWAT BOMBARDIER CRJ-1000

1. GENERAL

System pelumasan (Oil System) pada pesawat sangatlah penting, masing-masing Engine mempunyai reservoir yaitu tempat penampungan oli,dan Oil sistem ini sangat penting untuk pelumasan di bagian AGB (Accessories Gear Box). Ada beberapa cara pengisian oli ke reservoir, yaitu dengan cara gravity atau dengan cara di pompa oleh electrical pump. dengan cara pengisian menggunakan electrical pump kita tidak perlu membuka cowls engine.
gambar 1.1

Masing-masing reservoir ini posisinya berada di sebelah kanan masing-masing AGB, untuk mengaksesnya tentu kita harus membuka engine cowl nya. Reservoir ini memiliki kapasitas 7.2 US quarts atau setara dengan 6.8 liter. untuk memisahkan antara udara dan oil maka dipasang cyclone deaerator (gambar 1.2). udara di ventilasikan ke AGB yang selanjutnya akan di keluarkan melalui AGB Vent.
gambar 1.2

Pada reservoir terpasang oil level/oil temperature sensor, presurizing valve, oil filter module dan chip detector. Presurizing valve akan terbuka pada tekanan 3-5 psi untuk memastikan pompa oil beroperasi dengan baik. Presurizing valve piston dilengkapi dengan lubang pengeluaran yang kecil, ini berfungsi juga melepaskan sistem bertekanan setelah engine di matikan/ shutdown.

OIL REPLENISHMENT
A. Gravity Fill
Oil replenishment dapat dilakukan dengan dua cara, pada gambar 2.1 menunjukan secara manual, yaitu kita membuka panel pada engine, cara ini agak riskan, karena kita membutuhkan tangga untuk naik ke atas, karena engine ini terpasang di fuselage. cara mengisinya buka panel kemudian tekan tombol test/power pada oil level indikator panel, setelah tombol power on menyala, maka kita isi reservoir dengan membuka filler cap dan memasukan engine oil, isi sampai lampu tank full menyala, itu menandakan bahwa reservoir telah terisi. kalo sudah tutup kembali filler cap nya, dan lampu oil level indikator panel akan mati dalam waktu 10 menit secara otomatis.
gambar 2.1


2. Remote Fill

Sebagai tambahan di pesawat ini dilengkapi dengan pengisian oil menggunakan remote, cara ini lebih mudah dari pada cara di atas karena kita tidak perlu susah untuk ke engine itu sendiri, cukup memutar selector ke arah mana engine itu akan diisi oil, untuk selengkapnya beberapa komponen yang termasuk di sistem ini.
  • Remote oil replenishment tank
  • oil pump
  • check valve
  • selector valve
semua komponen tersebut berada di aft equipment bay kecuali untuk check valve terpasang di engine oil reservoir.

A. Remote oil replenishment tank
Tank ini mempunyai kapasitas 6 U.S quarts atau setara 5,7 liter dan termasuk ada sebuah filter cap, vent, drainvale, dan oil quantity sight gauge. Vent atau overfill line menyalurkan oil dari atas tank ke bawah badan pesawat, ini berfungsi membersihkan oil sisa-sisa pengisian yang menggenang di atas tank ini karena pengisian yang tidak benar, jadi di buang ke bawah. dan sight glass untuk melihat jumlah/quantity dari tank oil tersebut.

B. Oil Pump
Oil pump mendapatkan tenaga listrik dari APU baterai, pump dapat mengisi oil ke engine pada saat oil level pada 80% sampai ke penuh kurang dari 3 menit saja.

C. Check Valve
Check Valve ini dipasang pada Engine reservoir untuk mencegah aliran kembali dari engine reservoir ke oil replenishment system. 

D. Selector Valve
Selector valve ini berfungsi untuk memilih ke engine reservoir mana oil akan dikirim dari oil replenishment tank, jika kita putar ke kiri, maka akan mengirim ke engine kiri, begitu pun sebaliknya. untuk lebih jelasnya silahkan lihat gambar 2.2
gambar 2.2
CONTROL PANEL
Pada control panel ini kita bisa melihat apakah oil sudah terisi penuh, control panel ini mempunyai tombol ON, Filling in progress annuciators, dan 100% Full annuciators. jadi ketika tombol ON kita tekan maka lampu filling in progress annuciators dan lampu 100% full annuciators akan menyala untuk test. lalu ketika selector valve kita putar ke arah kiri, maka LH FILL akan menyala, dan apabila sudah penuh maka LH 100% akan menyala secara otomatis pula mematikan pumpnya, begitu pun sebaliknya ketika kita ingin mengisi engine kanan.
untuk lebih jelasnya silahkan lihat gambar 3.2



Semoga artikel di atas bermanfaat, jangan lupa tinggalin comment ya . . .

Tidak ada komentar:

Posting Komentar